Ruangan yang ada di bawah tangga bisa dimanfaatkan menjadi sebuah ruangan. Anda tentu saja sudah pernah melihat toilet yang berada di bawah tangga. Selain meningkatkan fungsi ruang bawah tangga, adanya toilet juga membuat tangga lebih estetik. Namun ketika anda ingin membuat toilet di bawah tangga sebaiknya mengetahui beberapa tips agar toilet lebih fungsional dan memiliki kesan yang indah.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin membangun toilet di bawah tangga. Selain menentukan desain tepat, Anda juga harus memperhatikan material yang akan digunakan. Anda bisa memilih berbagai macam bahan bangunan berkualitas seperti semen SCG serta material lain yang dibutuhkan.

Tips Membuat Toilet di Bawah Tangga yang Cantik

Ruangan di bawah tangga memang tidak memiliki ukuran yang luas. Oleh karena itu, penting sekali untuk menentukan desain yang tepat serta memperhatikan ukuran kamar mandi. Berikut ini adalah beberapa tips membangun toilet di bawah tangga yang bisa Anda ikuti:

1. Mengukur Kamar Mandi

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin membuat toilet di bawah tangga adalah memperhitungkan ukurannya. Jika ruangan di bawah tangga mencukupi dan tidak terlalu sempit, Anda bisa menjadikannya sebagai toilet.

Namun jika ternyata ukuran ruangan di bawah tangga tidak terlalu luas dan justru terlalu sempit, sebaiknya Anda mengganti rencana pembangunan toilet dengan yang lainnya, misalnya saja dibuat menjadi lemari penyimpanan.

2. Penataan Toilet

Tips selanjutnya adalah memperhitungkan penataan toilet. Biasanya toilet di bawah tangga fungsinya adalah untuk toilet tamu. Jadi, Anda tidak harus mengisi dengan berbagai macam perabotan. Untuk menghemat ruangan, Anda bisa meletakkan wastafel dan kloset jongkok atau kloset duduk sesuai keinginan.

Hindari terlalu banyak perabotan karena justru hal ini bisa membuat ruangan terasa sempit. Peletakan wastafel dan kloset harus diperhatikan. Anda bisa meletakkan closet pada bagian sisi ruangan yang atapnya lebih tinggi.

3.Atur Pencahayaan

Seringkali kamar mandi atau toilet di bawah tangga sangatlah gelap apabila tidak dipasang lampu. Hal ini bisa menyebabkan ruangan terasa pengap dan lembab. Anda bisa sedikit melakukan renovasi dengan menambahkan jendela atau glass block. Dengan begitu, toilet akan lebih terang meskipun lampu sedang tidak dinyalakan di siang hari.

Selain memperhatikan pencahayaan alami, Anda juga perlu memperhatikan penempatan lampu. Pilihlah lampu dengan cahaya yang tidak terlalu terang namun tidak terlalu gelap. Letakkan lampu di tengah atap toilet agar pencahayaan lebih maksimal.

4. Perhatikan Sirkulasi Udara

Tips membangun toilet di bawah tangga berikutnya adalah memperhatikan sirkulasi udara. Meskipun toilet berada di bawah tangga, Anda juga harus tetap memperhatikan sirkulasi. Jangan sampai kamar mandi tersebut sama sekali tidak ada aliran udara keluar masuk.

Paling tidak Anda menambahkan ventilasi di salah satu sisi tembok kamar mandi dan juga di bagian pintu kamar mandi. Ventilasi ini sangat penting agar ruangan tidak terasa pengap apalagi ukuran toilet sangat sempit.

Untuk membangun toilet yang mewah, Anda bisa menentukan desain terbaik. Carilah  gambar yang nantinya bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat toilet bawah tangga.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan material berkualitas. Material berkualitas sangatlah penting karena bisa mempengaruhi hasil akhir pembangunan. Jika Anda ingin menggunakan material berkualitas, produk yang sangat direkomendasikan adalah semen SCG.

Semen dari SCG memiliki banyak keunggulan diantaranya semen 40 kg setara dengan semen 50 kg, halus dan mudah diaduk, daya rekat kuat dan awet, ramah lingkungan, dan juga harganya lebih kompetitif.

Jangan ragu untuk berbelanja material bangunan dari SCG. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dengan mengunjungi website resmi di www.scgcbm.id. S emoga informasi mengenai tips membangun toilet di bawah tangga  ini bermanfaat bagi anda.

 

https://www.pembantu.com/News-Article/tips-artikel/Penataan-Rumah/Tips-Membuat-Kamar-Mandi-Bawah-Tangga

http://www.peluangproperti.com/lifestyle/renovasi-dan-furnish/2013-12/1569/tips-membuat-kamar-mandi-di-bawah-tangga

https://amp.dekoruma.com/artikel/88241/inspirasi-desain-kamar-mandi-bawah-tangga

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *